Selasa, 15 Februari 2011

Segarnya Sayur Asem Bu Asih

Dilihat dari judulnya anda pasti udah tau apa yang akan saya ulas disini. Ya, sayur asem! Tapi bukan sayur yang dimasak kemaren loh :D Tau sendiri kan sayur asem adalah masakan yang Indonesia Banget. Ada banyak versi sayur asem tergantung daerahnya. Di jakarta ada sayur asem jakarta yang umumnya menggunakan asem jawa, di bandung ada sayur asem bandung (ya iyalah…masa sayur asem afrika :p ). Nah…di Tegal ada juga sayur asem Tegal yang menggunakan asem belimbing.

Warung sayur asem yang saya satroni kali ini adalah warung sayur asem Bu Asih. Tempatnya di Slawi, tepatnya di depan SMA 3 Slawi. Dari perempatan Trayeman ke selatan 1 km. Bangunan warungnya sederhana namun cukup bersih walaupun agak panas sih, kalo mau yang agak longgar bisa menempati meja outdoor yang ada di sebelah warung. Di warung ini menyediakan beberapa menu, diantaranya nasi pecel dan sayur sop.

Siang ini saya memesan seporsi sayur asem ditemani minuman favorit saya, segelas teh manis. sayur asem datang ditemani sepiring gorengan dan pecak ikan cucut. Basa-basinya udah ah…dah laper nih, langsung serbu aja deh. Oke deh, langsung suapan pertama langsung saya masukin mulut. Emmmmhhh……rasa sayurnya langsung berasa di lidah. Rasanya segar namun tak terlalu asam. Bener-bener menyatu dengan jiwa dan raga saya (halah lebay). Pada kunyahan pertama oowwwwhhhh……nasinya ga terlalu empuk tapi juga ga terlalu keras. Sayurnya juga meresap ke dalam nasi. Bener-bener hmmmm….terlalu susah untuk dijelaskan dengan kata-kata (enaknya langsung rasain aja :p). Sayur asem tak lengkap tanpa pecak ikan. Saya ambil sepotong pecak ikan yang berlumuran sambal. Saat baru masuk mulut benar-benar terasa aroma pindang dan cabe nya. Pada gigitan pertama…..ekh…..rasa pulen dan gurihnya itu loh… ora nguati… Rasa sambalnya juga tidak ekstrim, gak berbau sengar karena tidak menggunakan cabe mentah. Tidak lupa juga saya ambil mirong (gorengan tepung udang), rasanya uuuuwwwhhhh….tepungnya renyah dan masih hangat. Udangnya….ajiiiibbb…gurihnya nyampe ubun-ubun. Udah makan kenyang sekarang tinggal nyeruput teh manisnya. Aroma teh sudah tercium ketika saya baru mengangkat gelas. Dari aromanya saja saya bisa menebak kalo tehnya menggunakan Teh Gopek (Yaiyalah…wong di gelas juga ada tulisannya :p). Aroma wangi melati yang gak terlalu menusuk diracik dengan gula pasir yang pas menambah nikmatnya minuman ini. Apalagi disajikan tidak terlalu panas, jadi setelah makan saya bisa langsung menenggak habis teh manis ini.

Saya makan seporsi nasi+sayur asem, 1 potong pecak ikan cucut, 2 buah mirong dan segelas teh manis menghabiskan Rp.12.000. Jangan lupa, ada biaya tambahan buat parkir seribu perak.

Kesimpulan

Tempat : not bad

Rasa : Joss!

arga : lumayanlah.. (lumayan mahal maksudnya :p)

Overall : recommended lunch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar