Minggu, 27 Februari 2011

Semlohaynya Mie Semplo

Udah lama ga ngisi blog nih, soalnya lagi agak sibuk semenjak pinjem DVD installan PES 2011 :D (Ya iyalah…ngejar Barca jadi juara Master League). Hhmmmm…kali ini saya mau ngangkat tema tentang wisata kuliner malam. Nah lo….malem-malem klayapan nyari makan. Pada dasarnya Tegal emang bisa disebut Kota Kuliner. Mau pagi, siang, sore, sampe tengah malem juga ada yang jual makanan. Apa emang orang Tegal ga ada kenyangnya ya? :D

Beberapa bulan yang lalu di www.tegalcyber.org saya pernah baca artikel tentang Mie Semplo di Slawi. Katanya enak dan unik. Saya jadi penasaran tuh. Setelah saya nyari-nyari ga pernah ketemu akhirnya pas malem-malem ada perlu di Slawi saya sempetin tuh tengok kanan kiri, taunya ketemu tempat ini di seberang BNI Slawi. Usut punya usut ternyata tempat ini aktif di malam hari, pantesan aja saya nyari siang-siang ga ketemu -_-“.

Tempatnya persis di seberang BNI Slawi, jadi kalo dari utara (Tegal) lewatin terminal Slawi ke selatan terus, cari bank BNI di sebelah kiri jalan (timur). Nah kalo udah ketemu rampok tuh! Eh…jangan ding, kan tujuannya mau nyari Mie Semplo :D. Tempatnya amat sangat minimalis, no electricity! Ya, penerangannya cuma pake lampu minyak, jadi bisa dibilang ini adalah warung remang-remang (tanpa tanda kutip ya!).

Disini disediakan menu nasi goreng, mie rebus, mie goreng, dan magelangan (itu loh, mahluk setengah nasi goreng setengah mie goreng). Dimeja disediakan gorengan perkedel dan tempe goreng tanpa tepung yang kalo orang sini nyebut tempe wuda (wuda=telanjang). Perkedelnya bener-bener enak dan spicy tapi tempenya standar-standar aja tuh.




Selain penerangan yang sawontene (seadanya) yang bikin tempat ini unik adalah alat memasaknya. Alat yang digunakan bernama SEMPLO, semplo itu sejenis tungku yang bahan bakarnya menggunakan arang. Pantesan aja namanya Mie Semplo! Dan perlu anda tau, Semplo inilah yang membuat rasa masakan ini enak. Ada satu hal lagi yang membuat makan disini terasa enak, yaitu kita “disiksa” dulu sebelum makan. Loh..ko jadi penyiksaan gini sih gan??? Maksudnya penyiksaan disini itu kita “dilaparkan” dulu, Untuk nunggu makanan yang kita pesan kita harus nunggu lama banget (saya pernah pesen jam 8, jam 9 kurang seperempat baru nyampe :@). Yang membuat lama adalah si semplo itu sendiri, memasak metode semplo ternyata memakan waktu yang lebih lama daripada metode reguler. Itu kalo lagi rame, tapi kalo pas lagi sepi paling 15 menit juga udah dilayani.

Kunjungan pertama saya pesen mie rebus (nah ini nih yang jam 9 kurang seperempat baru bisa makan). Rasanya bisa dikatakan enak, bumbunya meresap kedalam mie, terus seperti ada sesuatu yang berbeda ketika dimakan, rasanya seperti……hmmmmm…..terlalu susah dijelaskan dengan kata-kata. Paduan antara mie lurus (yang biasa buat bakso) dengan telor diolah dengan sayur cesim yang diikat dengan bumbu rempah khas Indonesia menghasilkan citarasa yang sangat artistik (halah lebay lu!).


Pada kunjungan kedua, saya nyobain nasi goreng. Kali ini saya ga harus mengalami penyiksaan dulu karena seperempat jam pesenan saya udah jadi. Rasa nasinya pulen, ga terlalu keras dan ga terlalu lembek. Seperti mie rebus, bumbunya juga meresap ke dalam nasi. Aroma rempahnya begitu terasa, aroma inilah yang membangkitkan nafsu makan saya. Ga seperti nasi goreng yang lain, nasi goreng disini ga mblengeri (mblengeri = apa ya? Rasanya seperti cepet kenyang tapi ga puas dengan rasanya). Dipadu dengan rajangan kol dan acar timun, menambah sedap nasi goreng ini.


Dua porsi nasi goreng, dua teh manis, 4 perkedel menghabiskan hanya Rp. 21.000. Berarti kalo sendirian paling habis sepuluh ribuan.

Tempat: unik

Rasa: bisa dibilang enak

Harga: cukup murah

Overall: recommended lah kalo anda lagi ga buru-buru





1 komentar:

  1. aduuhhhh... gawe ngelih tok ente,. aku pan mono wedi nyasar. dieter o yuh...

    BalasHapus